Planet Telanjang Ditemukan Ilmuwan Pertama Kalinya

Jakarta – Bagian inti planet tidak pernah terlihat dengan gamblang karena tertutupi bagian atasnya. Namun kali ini untuk pertama kalinya, astronom menemukan planet telanjang di mana yang ada hanya bagian intinya.

Dikutip detikINET dari BBC, planet itu dinamakan TOI 849 b yang mengorbit bintang seperti Matahari dan lokasinya sekitar 730 tahun cahaya.

TOI 849 b kemungkinan adalah planet gas raksasa serupa Jupiter atau Saturnus. Di bawah selimut tebal hidrogen dan helium, kedua planet itu punya inti yang solid walaupun tidak diketahui seperti apa bentuknya.

Nah, TOI 849 b diduga juga merupakan planet gas, tapi hanya tersisa bagian intinya. Periset David Armstrong dan koleganya di Warwick University mendeteksi planet tersebut dari data teleksop antariksa TESS milik NASA.

Planet ini massanya 39 kali lipat Bumi. Ia begitu dekat dengan bintangnya sehingga satu tahun di sana setara 18 jam di Bumi serta temperaturnya 1.500 derajat Celcius.

Kenapa planet tersebut tinggal intinya, periset masih belum dapat memastikannya. Mungkin memang selimut atmosfernya tak pernah berkembang atau hilang karena tumbukan dengan obyek lain.

TOI 849 b disebut terdiri dari besi, bebatuan dan air, dengan hanya jumlah kecil hidrogen dan helium. “Fakta bahwa kami tidak melihat gas membuat kami tahu bahwa TOI 849 b adalah inti planet yang terekspos,” cetus Armstrong.

“Masih ada pertanyaan besar tentang sifat inti Jupiter contohnya, sehingga exoplanet yang aneh dan tidak biasa seperti ini membuka informasi tentang formasi planet yang tidak bisa dieksplorasi dengan cara lain,” tutup dia.

 

Sumber: detikInet

Tinggalkan Balasan

Scroll to Top